Sabtu, 16 November 2013

Serial Kuliah Umum Universitas Rakyat

Kuliah Umum: Bill Gates



Curriculum Vitae Pembicara:

William Henry "Bill" Gates III (born October 28, 1955) is an American business magnate, investor, programmer, inventor and philanthropist. 

Gates is the former chief executive and current chairman of Microsoft, the world’s largest personal-computer software company, which he co-founded with Paul Allen. 

He is consistently ranked in the Forbes list of the world's wealthiest people and was the wealthiest overall from 1995 to 2009 excluding 2008, when he was ranked third; in 2011 he was the wealthiest American and the world's second wealthiest person.

According to the Bloomberg Billionaires List, Gates is the world's richest person in 2013, a position that he last held on the list in 2007.

During his career at Microsoft, Gates held the positions of CEO and chief software architect, and remains the largest individual shareholder, with 6.4 percent of the common stock.

He has also authored and co-authored several books. Gates is one of the best-known entrepreneurs of the personal computer revolution. Gates has been criticized for his business tactics, which have been considered anti-competitive, an opinion which has in some cases been upheld by the courts.

In the later stages of his career, Gates has pursued a number of philanthropic endeavors, donating large amounts of money to various charitable organizations and scientific research programs through the Bill & Melinda Gates Foundation, established in 2000.


"Success is a lousy teacher. It seduces smart people into thinking they can't lose."
*Bill Gates*

Tidak perlu sekolah untuk menjadi pengusaha sukses yang menciptakan sesuatu? 

Benarkah? 

Semua orang di abad 21 yang dapat membaca pasti sudah pernah mendengar cerita panjang bagaimana Bill Gates dan rivalnya Steve Jobs putus sekolah dan membuat 2 perusahaan paling berpengaruh di awal abad 21. 

Yupss: Apple & Microsoft 

This story is true, but usually greatly oversimplified. 

Mereka melupakan beberapa detail penting di cerita-cerita tersebut dan hanya menggambarkan,:

"Tuh, orang ga sekolah dan kuliah juga bisa sukses dan jadi salah 1 yang terkaya di dunia." 

Ya. You can. 

But read this first. Bill Gates adalah seorang jenius sekaligus pekerja yang ulet dan tekun. 

Di kelas 8 (sekitar umur 13-14, kalau di Indonesia mungkin baru SMP), Gates mulai memprogram komputer di sekolahnya menggunakan bahasa BASIC. 

Dia bersama 3 temannya dipekerjakan oleh Computer Center Corporation (CCC) untuk menemukan bug dalam software mereka. Dia menggunakan waktu ini untuk mempelajari bahasa-bahasa FORTRAN, LISP, dan machine language. 

Di umur 17-an (Sekitar Masa SMA), Gates membuat traffic counter menggunakan prosesor Intel 8008. 

Tahun 1973 dia mengikuti SAT (UAN di Amerika) dan mendapat nilai 1590 dari 1600 
(lihat betapa jeniusnya dia, kalau dikonversi ke NEM berapa tuh nilainya hahaha). 

Dia mendaftar ke Harvard University dengan mudah (Universitas Terbaik Dunia) dan di tahun pertama dia sudah dapat membuat algoritma baru yang sangat cepat dan menjadi versi tercepat dari algoritma itu selama 30 tahun. 

Berbekal semua pengetahuan ini dia membuat perusahaan bernama MicroSoft. 

Mungkin satu-satunya yang masa kecilnya lebih jenius dari Kang Bill Gates itu hanya kita orang-orang Indonesia he.,he..he.,

Aamiin 

Well, bagi yang mengerti komputer, kemampuan dia (Kang Bill Gates) di tahun 1973 di usia 18 tahun mungkin sudah melebihi engineer-engineer komputer lulusan S1 jaman sekarang.

Dan itu 1973.


Bill Gates, Paul Allen dan Team Awal Microsoft Tahun 1978

"If you think your teacher is tough, wait until you get a boss. He doesn't have tenure."
*Bill Gates*


Dr. Thomas Friedman dalam buku best seller-nya, “The World is Flat”. 
Mengatakan bahwa: 

“In China today, Bill Gates is Britney Spears. In America today, Britney Spears is Britney Spears, and that is our problem.” 

Nukilan ini menggambarkan betapa antusias dan agresifnya generasi muda China dalam persaingan tenaga kerja dunia. 

Sains dan teknologi menjadi dua ikon utama yang wajib dikuasai dalam model pendidikan di China. 

Penguasaan terhadap kedua bidang inilah yang membuat generasi kerja muda di China sanggup bersaing secara global. 

Di Cina dan India, menurut Friedman, generasi muda yang menempuh pendidikan bukan hanya hebat dalam penguasaan content, tapi yang lebih penting mereka memiliki kesadaran bahwa dengan penguasaan teknologi informasi yang mereka pelajari memberi mereka keuntungan kompetitif. 

Dengan kemudahan teknologi, surplus tenaga kerja, serta perbedaan waktu operasional, anak-anak muda di Cina dan India ini belajar bukan hanya untuk mencari celah pasar yang sebelumnya didominasi Amerika dan Eropa. 

Tapi dengan format yang lebih besar lagi yaitu menguasai dunia. 

Microsoft adalah sebuah perusahaan dengan total pegawai hampir mencapai 100.000 orang dengan total aset mencapai US $ 150 Milyar. 

Bila para pemuda Indonesia mampu membangun 1.000 perusahaan se-kelas Microsoft di tanah air, maka akan menyediakan lapangan pekerjaan bagi 100 Juta masyarakat Indonesia dan Aset sebesar US $ 150 Trilyun. 

Semoga di tanah air kita lahir ribuan orang sehebat atau bahkan lebih hebat dari Om Bill Gates ini

Aamiin Ya Allah Ya Rabbal Alamin.

Salam Indonesia Juara!

Kujungi Juga:

https://www.microsoft.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar